Masuki Masa Tenang, Bawaslu Sabu Raijua Akan Lakukan Pengawsan Optimal

Sabu Raijua,07/12/2020, Bawaslu Sabu Raijua, Tahapan Pilkada telah Memasuki Hari ke dua masa tenang, Bawaslu bersama Jajarannya akan melakukan pengawasan Optimal, terkait kemungkinan-kemungkinan terjadinya potensi pelanggaran yang dilakukan oleh Paslon ataupun oleh tim pemenangan  masing-masing Paslon.

Ketua Bawaslu Yudi H.R Tagi Huma, didampingi Anggota Bawaslu Sabu Raijua Markus Haba Saat Memimpin Apel Siaga Bagi Jajaran Pengawas Pemilu, 06/12/2020
Apel Siaga Jajaran Bawaslu Sabu Raijua

Ada beberapa potensi pelanggaran yang bisa saja dialakukan oleh mereka, Paslon maupun tim pemenangan  masing-masing Paslon.

Politik uang dan juga kampanye tersembunyi saat masa tenang bisa saja mereka lakukan tanpa sepengetahuan jajaran Bawaslu, oleh karena itu kita harus mengerahkan kekuatan meskipun personel kita kalah jauh dalam hal jumlah.

Namun itu bukan menjadi alasan untuk kita tidak mengawal proses Demokrasi menuju Pilkada yang jujur dan adil, serta bebas dari pelanggaran pelanggaran yang mencoreng Demokrasi di Sabu Raijua ujarnya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi H.R.Tagi Huma, S.Sos, saat memimpin apel Siaga bersama dengan Panwascam dan PKD diwilayah kecamatan Sabu Barat yang berlangsung di Kantor Bawaslu Sabu Raiua 06/12/2020

Senada dengan apa yang disampaikan oleh  Ketua, anggota Bawaslu kordiv PHL Markus Haba,S.Sos, mengatakan bahwa fokus kita adalah pengawasan  dan mencegah terjadinya pelanggaran.

Seperti  yang diketahui bersama, bahwa jadwal kampanye telah berakhir, dan bisa saja para pasangan calon melakukan kampanye tersembunyi, ataupun melakukan Money Politik pada masa tenang ini.

Hal inilah yang menjadi fokus pengawasan kita sebagai jajaran pengawas, sehingga diharapkan proses Demokrasi yang sedang berjalan, tidak dicoreng dengan perbuatan-perbuatan yang tidak menumbuhkan kedewasaan dalam berdemokrasi.

Untuk masa tenang hari pertama sendiri, jajaran Pengawas di beberapa kecamatan, telah berkoordinasi dengan Sat POL PP untuk melakukan penertiban APK dari masing-masing paslon, dan sebanyak 344 APK berhasil di tertibkan dan akan dilanjutkan penertiban tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada lagi APK dari Paslon yang terpasang  dalam masa tenang ini.

Sementara Itu dalam pendistrusian Logistik Pilkada ke  Kecamatan Raijua, telah dilakukan pada 06/12/2020, dalam pendistribusian ini anggota Bawaslu Sabu Raijua, Kordiv HP3S Jonixon Hege, S.Th Bersama beberapa orang staf, melakukan pengawasan langsung, dan ikut mengawal pendistribusian ini sampai ke Kecamatan Raijua.

Pendistribusian Logistik Ke Kecamatan Raijua, dengan Menggunakan Perahu Motor

Menurutnya, ini dilakukan untuk memastikan bahwa pendistribusian logistik berjalan aman atau tidak, karena kecamatan Raijua merupakan wilayah kepuluan yang menempuh berjarak ±1 jam perjalanan dengan perahu motor dari pelabuhan Seba.

Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yudi.H.R.Tagi Huma, didampingi Anggota Bawaslu Sabu Raijua Saat Melakukan Monitoring Pergerakan Logistik Di Aula KPU Ke Kecamatan

Sedangkan untuk wilayah daratan Sabu,  Ketua Bawaslu Yudi H.R.Tagi Huma, Bersama Anggota Bawaslu Markus Haba selaku Kordid PHL, melakukan monitoring pergerakan logistik dari KPU, ke seluruh kecamatan sehingga dapat dipastikan bahwa proses pendistribusian logistik untuk setiap kecamatan di Sabu  Raijua aman tanpa hambatan dan Pilkada Sabu Raijua siap dilaksakan pada tanggal  9/12/2020.

Penulis : Sony Ratu

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *