Jelang Pilkada Bawaslu Sabu Raijua Lakukan Rakernis dengan Panwascam, PKD, dan PTPS

Peserta Rakernis dengan Serius Menyimak Materi Strategi Pengawasan Pemungutan Dan Penghitungan Suara

Seba, 03/12/2020, Bawaslu Sabu Raijua melakukan Rapat Kerja Teknis dengan PTPS di wilayah kecamatan Sabu Tengah, dan Sabu timur, kegiatan Ini bertujuan untuk memberi bekal dan pengetahuan kepada Panwascam, PKD, dan PTPS Sebagai Ujung Tombak Pengawasan demi Suksesnya Pilkada Sabu Raijua tanggal 9 Desember 2020.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini  anggota  Bawaslu Sabu Raijua, Markus Haba, S.Sos, selaku kordiv PHL.

Strategi Pengawasan Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Sabu Raijua adalah materi yang dibawakannya, pria yang akrab disapa Makuji ini mengatakan bahwa untuk melakukan pengawasan jelang Pilkada, baik  Panwascam, PKD, sampai kepada PTPS, harus benar-benar memahami dan mengerti fungsi dan tugas pengawasan.

Oleh karena itu kegiatan ini merupakan moment penting untuk jajaran pengawas jelang pemungutan suara 9 Desember nanti, tujuannya agar proses demokrasi dapat dikawal dengan baik dan dapat meminimalisir potensi kecurangan-kecurangan yang bisa saja terjadi.

Masih menurutnya, dalam melakukan tugas pengawasan, jika ditemukan hal-hal yang dianggap melanggar ketentuan yang diatur oleh undang-undang, maka wajib menuangkan dalam form A pengawasan yang ada, begitu pun sebaliknya apabila Tidak ditemukan hal-hal melanggar ketentuan, itupun harus tetap dimuat dalam form A pengawasan.

Sementara itu Anggota Bawaslu Sabu Raijua , Jonixon Hehe, S.Th selaku Kordiv HP3S, dalam pemaparannya mengatakan bahwa PTPS harus melakukan pengawasan ekstra saat pemungutan suara nanti, dia berharap agar PTPS memahami  aturan-aturan dan perundang-undangan yang berlaku, sesaui dengan materi yang didapatkan.

Setelah kegiatan di kecamatan Sabu Tengah, dilanjutkan dengan kegiatan yang sama pada Kecamatan Sabu Timur, dengan tujuan yang sama yakni untuk memberi penguatan kepada Panwascam, PKD dan PTPS di wilayah kecamatan Sabu Timur.

Kegiatan serupa juga telah dilakukan di kecamatan Liae.

Dalam kegiatan ini juga dilakukakan simulasi pengoperasian aplikasi Siwaslu  yang dipandu oleh Roynal Ricard Ully, staf teknis Bawaslu Sabu Raijua, dan dibantu pula oleh staf sekretariat Panwascam Sabu Timur Selvin Lay Kanni, yang bertujuan untuk memudahkan pengawas dalam melaporkan hasil pengawasan yang dilakukan.

Bimbingan Pengoperasian Siwaslu Kepada Peserta Rakernis Oleh Roy dan Selvi

Penulis : Sony Ratu

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *